Kamis, 21 Februari 2008

Permainan dalam pembelajaran

BERMAIN PERAN: MEMBANTU TEMAN

Tujuan:

  1. Melatih ketrampilan berempati terhadap permasalahan orang lain
  2. Melatih ketrampilan membantu orang lain
  3. Melatih kemampuan mengekpresikan diri
  4. Melatih rasa percaya diri anak

Waktu: 60 menit

Peralatan: kertas, alat tulis (bila perlu)

Jumlah peserta: 12-16 orang

Tempat: dalam ruangan

Deskripsi kegiatan:

  1. Fasilitator membagi peserta ke dalam 4-5 kelompok (5-6 orang per kelompok)
  2. Setiap kelompok diminta untuk membuat suatu cerita yang akan dimainkan di hadapan kelompok lain
  3. Tema tiap kelompok akan berbeda dimana masing-masing tema berkaitan perasaan marah, sedih, malu, takut
  4. Kelompok diminta untuk membuat cerita bagaimana mereka membantu orang yang sedang mengalami perasaan tersebut
  5. Setelah cerita selesai dan kelompok telah berbagi peran maka tiap kelompok memainkan cerita yang telah dibuatnya dihadapan kelompok lain
  6. Sementara itu kelompok lain boleh memberikan masukan mengenai cara lain membantu orang tersebut (orang yang memberi masukan dapat pula ikut serta dalam permainan peran yang sedang dilakukan)
  7. Setiap kali satu kelompok selesai melakukan permainann peran maka fasilitator mengembalikan kondisi anggota kelompok tersebut ke dalam situasi sebenarnya (melakukan debriefing) dengan cara berterima kasih dan menyebutkan nama peserta tersebut satu persatu
  8. Setelah semua kelompok memainkan ceritanya secara bergantian maka peserta kembali duduk melingkar dan mendiskusikan mengenai perasaan dan pengalaman mereka melakukan kegiatan tersebut serta maksud/tujuan kegiatan tadi
  9. Fasilitator merangkum hasil diskusi dan menambahkan mengenai kepedulian pada orang lain, berempati, menolong orang lain, mendukung dan menguatkan orang lain atau nilai lain yang ingin di sasar dari kegiatan tadi

Variasi/alternatif:

  • Tema cerita bisa disesuaikan dengan nilai yang ingin disasar misalkan ingin menyasar mengenai permasalahan kelompok, situasi menyulitkan, pengalaman tidak menyenangkan dll


Pertanyaan reflektif:

  1. Bagaimana perasaan peserta saat melakukan kegiatan tadi?
  2. Apa yang dipikirkan dan dilakukan kelompok ketika mendapat tugas seperti itu?
  3. Bagaimana kelompok melakukan kegiatan tadi dari membuat cerita, berbagi peran hingga bermain peran?
  4. Bagaiman orang yang dalam peran tersebut dibantu oleh temannya?
  5. Bagaimana temannya tersbeut membantu dia?
  6. Dalam kehiduipan sehari-hari bagaimana ketika kita melihat teman kita mengalami situasi yang mirip dengan cerita tersebut?
  7. Apa yang kita lakukan? Bagaimana perasan kita?
  8. Adakah kendala untuk membantu teman tersebut?
  9. Bagaimana ketika kita yang menghadapi situasi tersebut? Apa yang kita rasakan dan pikirkan?
  10. Bagaimana perasaan kita ketika ada teman/orang lain yang membantu kita? Bagaimana perasaan kita ketika tidak ada orang yang membantu kita?
  11. Apa tujuan/maksud dari kegiatan tadi? Apa yang dipelajari?
  12. Bagaimana kita menggunakan hal itu dalam kehidupan kita setelah kegiatan ini selesai?

Tidak ada komentar: